Sunday 7 June 2015

Modul 6 - Komunikasi Sel

DOWNLOAD

Mindmap / Peta konsep Komunikasi Sel

LEARNING OBJECTIVE

1. Apa keterkaitan antara komunikasi sel dengan ekspresi gen?
2. Apa pengertian dari metabolisme dan bagaimana sistem metabolisme sel?
3. Apa perbedaan jenis-jenis komunikasi sel dengan persinyalan sel?
4. Ap yang dimaksud dengan ligan dan keterkaitannya dengan komunikasi sel?



PEMBAHASAN LEARNING OBJECTIVE

Keterkaitan antara komunikasi sel dengan ekspresi gen

Dalam komunikasi sel, terdapat tiga tahapan, yakni penerimaan, transduksi, dan respons terhadap sinyal. Pada tahap respons terhadap sinyal, suatu sel dapat mengatur aktivitas saat traskripsi dalam nukleus. Dapat di-ilustrasikan sebagai berikut.

Sinyal molekul awal berupa faktor pertumbuhan, memicu kaskade fosforilasi. Kemudian, kinase protein terakhir memasuki nukleus dan mengaktifkan faktor transkripsi dan merangsang gen spesifik untuk ditranskripsi menjadi mRNA. Setelah faktor transkripsi tersebut aktif, maka faktor transkripsi tersebut akan menempel pada DNA, dan menghasilkan mRNA, yang kemudian mengarahkan sintesis protein tertentu dalam sitoplasma. Faktor transkripsi juga berperan dalam mengaktifkan beberapa gen yang berbeda. Aktifnya gen – gen yang ada dapat menyebabkan adanya ekspresi gen.

Pengertian dari metabolisme dan mekanisme sistem metabolisme sel 

Metabolisme adalah keseluruhan proses kimiawi, pembentukan dan penguraian zat yang digunakan untuk mempertahankan hidup suatu organisme.

  1. Anabolisme = molekul sederhana menjadi molekul kompleks (endergonik) dan membutuhkan energi dalam prosesnya; Contoh : reaksi fotosintesis pada tumbuhan.
  2. Katabolisme = molekul kompleks menjadi molekul sederhana (eksergonik) dan menghasilkan energi dalam prosesnya; Contoh : respirasi aerob, respirasi anaerob.

Anabolisme merupakan reaksi reduksi sedangkan katabolisme merupakan reaksi oksidasi. Katabolisme menghasilkan waste product (ada yang efeknya negatif dan tidak). Hasil akhir anabolisme merupakan senyawa pemula untuk proses katabolisme.

Perbedaan jenis-jenis komunikasi sel dengan persinyalan sel

Komunikasi sel ada dua :
1. Komunikasi listrik = Perbedaan potensial luar dan dalam sel
2. Komunikasi kimiawi = Mensekresikan substansi yang sudah tidak berguna
Persinyalan sel ada dua  :

  • Jarak dekat :
    • Sinaptik : Persinyalan sel pada sel saraf.
    • Parakrin : Persinyalan sel yang memberikan efek pada sel – sel yang ada di dekatnya.
  • Jarak Jauh :
    • Hormonal (endokrin) : Persinyalan sel pada hormone yang melalui aliran darah dan dapat memberikan efek pada sel target yang letaknya jauh.


Definisi ligan dan keterkaitannya dengan komunikasi sel

Ligan adalah molekul yang berikatan secara spesifik dengan molekul yang lain.
Contoh : antigen terikat pada antibodi.
Peran ligan sebagai first messenger. Ikatan ligan dengan reseptor spesifik akan memicu pelepasan second messenger (molekul non-protein berukuran kecil ). Ligan menempel di reseptor (aktifasi). Jika ligan lepas maka terjadi proses deaktifasi.

Kesimpulan

Komunikasi sel adalah suatu proses yang dilakukan oleh sel agar tubuh dapat melakukan aktivitas dengan baik dengan cara mengkomunikasikan dan mengkoordinasi setiap aktifitas dalam sel. Dalam komunikasi sel, terdapat tiga tahapan, yakni penerimaan (reception), transduksi, dan respons. Mekanisme komunikasi sel secara garis besar dibagi ke dalam empat bagian, yakni : cara kontak langsung, persinyalan parakrin, persinyalan sinaptik, dan persinyalan endokrin. Terdapat dua mediator dalam komunikasi sel, yaitu hormon dan saraf. Dalam komunikasi sel juga dikenal istilah ligan, yakni sinyal molekul yang berperan sebagai first messenger dalam komunikasi sel. Komunikasi sel juga menyebabkan adanya metabolisme sel (keseluruhan proses kimiawi yang terjadi di dalam sel) dan ekspresi gen.

Daftar Pustaka

Anonim. (2010). Metabolisme [online]. Bandung. Available from http://file.upi.edu [accessed 31 October 2012].

Campbell, N. A. (2000). Biologi. Jakarta: Erlangga.

Dorland. (2010). Kamus Kedokteran Edisi 31. Jakarta: EGC.

FK. (2010). Biologi Molekuler [online]. Jakarta. Available from http://fk.ui.ac.id [accesed 31 Oktober 2012].

FKIP. (2010). Metabolisme Sel [online]. Semarang. Available from www.fkip.uns.ac.id [accesed 31 October 2012].

Siregar, A. (2010). Sistem Metabolisme Sel [online]. Jakarta. Available from http://www.chem.is.try.org [accessed 31 October 2012].

Kuliah pakar dr. I. A. Eka Widiastuti, M.Fis


DOWNLOAD

No comments:

Post a Comment